Setelah Honda CB150R StreetFire resmi diperkenalkan di acara Jakarta Motorcycle Show 2012, praktis gambar Honda CB150R langsung tersebuar di dunia maya. Banyak yang bilang bahwa bentuk Honda CB150R mirip dengan Yamaha Old Vixion... benarkah?
Yamaha Vixion versi 1 |
Bandingkan gambar Honda CB150R dan Old Vixion di atas, secara garis disain memang ada kemiripan antara keduanya, namun bila diteliti keduanya jauh berbeda. Honda CB150R menggunakan rangka tralis sedangkan Vixion menggunakan rangka deltabox. Desain Honda CB1501R lebih rounded sedangkan Vixion lancip bersudut.
Yamaha Vixion selama beberapa tahun belakangan ini selalu merajai market motor sport di Indonesia, jadi bisa dipahami bila Honda menerapkan model yang sama agar lebih mudah diterima mindset konsumen Indonesia.
Sangat jauh berbeda dengan kasus yang terjadi pada desain old Honda CBR 150R yang dicontek mentah-mentah oleh salah satu produsen mocin.
Seorang blogger kawakan om Iwan Banaran melalui blognya yang beralamat di www.iwanbanaran.com, telah mengadakan polling untuk disain Honda CB150R vs New Yamaha Vixion, poling yang diikuti 4,694 responden hasilnya menunjukkan Desain Honda CB150R mendapatkan peringkat tertinggi dengan perolehan suara mencapai 2.952 votes atau 63%. Artinya….kali ini racikan desain AHM sukses mendapatkan tempat tersendiri dihati para biker tanah air. Perolehan suara unggul mutlak dibandingkan new Vixion yang dipilih 1.272 votes (27%). Sedang yang memilih netral mencapai 470 suara (10%). Ulasan lengkapnya ada di sini.
Perbedaan mencolok juga terjadi di sektor engine alias mesin Honda CB150R yang menggunakan DNA mesin Honda CBR150R bertipe CS150RE, 4-langkah 4 Valve DOHC, sedangkan Vixion menggunakan mesin tipe 4 Langkah, 4 Valve SOHC.
Spesifikasi Lengkap Honda CB150R
DIMENSI | |
Panjang x Lebar x Tinggi | : 2.008 x 719 x 1.061 mm |
Jarak Sumbu Roda | : 1.288 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | : 148 mm |
Ketinggian Tempat Duduk | : 790 mm |
Berat Kosong | : 129 Kg |
Radius Putar Minimum | : 1.980 mm |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | : 12 Liter |
MESIN | |
Tipe Mesin | : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal |
Volume Langkah | : 149,48 cm3 |
Sistem Pendingin | : Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektris Otomatis |
Sistem Suplai Bahan Bakar | : Injeksi (PGM-FI / Programmed Fuel Injection) |
Diameter x Langkah | : 63,5 x 47,2 mm |
Tipe Transmisi | : 6 Kecepatan |
Pola Pengoperan Gigi | : 1-N-2-3-4-5-6 |
Perbandingan Kompresi | : 11 : 1 |
Daya Maksimum | : 12,5 kW (17,0 PS) / 10.000 rpm |
Torsi Maksimum | : 13,1 Nm (1,34 kgf.m) / 8.000 rpm |
Tipe Starter | : Pedal & Elektrik |
Tipe Kopling | : Manual, Wet Multiplate with Coil Springs |
Kapasitas Minyak Pelumas | : 1 Liter pada Penggantian Periodik |
RANGKA | |
Tipe Rangka | : Diamond Steel (Truss Frame / Trellis Type) |
Ukuran Ban Depan | : 80/90 – 17 M/C 44P (Tubeless) |
Ukuran Ban Belakang | : 100/80 – 17 M/C 52P (Tubeless) |
Tipe Rem Depan | : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda |
Tipe Rem Belakang | : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal |
Tipe Suspensi Depan | : Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Prol-Link) |
KELISTRIKAN | |
Tipe Baterai | : MF 12 V – 5,0 Ah |
Tipe Pengapian | : Full Transistorized |
Tipe Busi | : NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9 |
Spesifikasi New Vixion
Bagaimana kansnya untuk merebut hati biker tanah air? Mana yang akan menang? Ada satu faktor lagi yang menentukan: Price alias Harga!Sampai saat ini belum ada harga resmi untuk kedua produk tersebut... tunggu aja rilisnya... |
bedanya DOHC ama SOHC Apa ya Bos..
BalasHapusBedanya di jumlah Cam Shaft nya pak..
BalasHapusSOHC = Single Cam; 1 cam shaft
bagusan mana z...........antara motor vixion dan honda cb150 by. http://vakumpembesarpenis.org/
BalasHapusBagus yg gx jelek lurr
BalasHapus