Selasa, 09 Desember 2014

ESP, Teknologi Canggih Motor Honda, Less Friction Increase Fuel Efficient






ESP, Less Friction Increase Fuel Efficient

Sobat Honda Lover, kali ini blog bestpriceslist akan membagi sedikit informasi tentang teknologi canggih yang sudah diterapkan di motor Honda sejak tahun 2013.
Teknologi tersebut adalah eSP atau Enchanced Smart Power. Apa saja kelebihannya, yuk kita intip satu per satu.

ACG Starter

Pada sistem ini tidak menggunakan lagi mekanisme gigi starter sehingga dapat mengurangi suara kasar dari gigi-gigi starter dan minim getaran saat pengendara menekan tombol starter.
ACG menggunakan perangkat starter elektrik yang mengandalkan putaran dari generator atau alternator untuk memutar Crankshaft/poros engkol.

Alternator disini berfungsi ganda yaitu sebagai pembangkit listrik dan motor starter. Pada perangkat ACG terdapat 12 kutub magnet permanen yang menempel pada dinding flywheel. Di dalam flywheel terdapat 18 kumparan yang melilit inti besi, kumparan tersebut dibagi menjadi 3 hall. Kumparan-kumparan tersebut yang nantinya akan menjadi magnet tidak tetap.
Teknologi ini bukan yang baru yang diterapkan di motor HONDA, sebelumnya HONDA PCX pun sudah mengadopsi sistem ini.


Fuel Injector

FUEL INJECTOR Dengan teknologi eSP Partikel bahan bakar yang di semprotkan oleh injektor sangat halus, sehingga didapatkan campuran udara dan bensin yang lebih Homogen dan akan menghasilkan pembakaran yang jauh lebih sempurna

Perawatan Fuel injector

Dibandingkan dengan model mesin konvensional, sebenarnya perawatan mesin injeksi tergolong lebih sederhana. Sistem injeksi sudah menggunakan komponen yang proses pembuatannya sangat  presisi. Misalnya pada bagian nosel yang memiliki lubang dalam ukuran mikron.

Dengan lubang yang tak lebih besar dari penampang rambut, alat ini sangat rentan terhadap penyumbatan yang dampaknya mengganggu kinerja mesin. Oleh karena itu menjaga kebersihan saringan bensin merupakan suatu keharusan. Selain saringan bensin, komponen yang perlu diperhatikan adalah saringan udara. Komponen ini sangat penting peranannya menjaga udara yang masuk kedalam mesin terbebas dari debu dan kotoran. Oleh karena itu harus dijaga kebersihannya agar berfungsi optimal.

Jika terlalu kotor maka pasokan udara menjadi terhambat sehingga mengganggu kinerja mesin. Selain membuat performa mesin turun, konsumsi bahan bakar pun menjadi bertambah seiring dengan meningkatnya emisi gas buang.

Oleh karena itu, selalu bersihkan saringan udara secara rutin. Jika sekiranya sering melewati kondisi jalan yang sangat berdebu, terlebih pada musim kemarau, sebaiknya lebih sering lagi dibersihkan, bila perlu ganti dengan yang baru jika nampak sudah sulit dibersihkan.

Agar kondisi mesin Anda selalu optimal, lakukanlah pemeriksaan emisi gas buang secara rutin. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan bersamaan dengan proses tune up mesin yang umumnya dilakukan tiap 2-3 bulan sekali. Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan berkala di bengkel resmi (AHASS)

Pembakaran yang sempurna akan menghasilkan CO yang sangat minim dan dapat dirasakan dengan performa mesin yang optimal dan konsumsi bahan bakar yang ideal

Rocker Arm

Di teknologi eSP ini, Rocker Arm termasuk yang juga mengalami perubahan, dari sistem konvensional menjadi model Roller Rocker Arm. 

Ada pun kelebihan yang di dapat adalah saat motor di hidupkan tarikan terasa ringan baik di putaran rendah maupun di putaran tinggi.
Kelebihan model dengan Roller ini bila dibandingkan dengan rocker arm konvensional adalah tingkat keberisikannya sangat rendah saat mesin dikarenakan daya geseknya yang rendah.

Dengan mengandalkan less friction technology akan mampu meningkatkan performa motor dan irit bahan bakar, terlebih dengan adanya kenaikan harga BBM saat ini, menjadikan motor Honda pilihan utama konsumen.

Sumber : Honda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, terima kasih atas kunjungannya.